Apple Rilis MacBook Pro Tertipis dengan “Touch Bar”

Apple resmi meluncurkan laptop MacBook Pro generasi terbaru dalam acara bertajuk “Hello Again” di Cupertino, AS, Kamis (27/10/2016) pagi waktu setempat.

MacBook Pro generasi terbaru ini hadir dalam dua varian. Varian pertama memiliki layar 13 inci. Sedangkan varian kedua punya layar yang lebih besar, yakni 15 inci.

Desain dari MacBook Pro generasi baru tersebut tidak jauh berbeda dari sebelumnya, berbahan logam dengan logo Apple di bagian tengahnya. Meski begitu, Apple berhasil merampingkan bodi MacBook Pro tersebut.

Menurut Chief Marketing Apple Phil Schiller, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Apple Insider, Jumat (28/10/2016), laptop baru ini merupakan yang tertipis dari teringan dari seluruh generasi MacBook Pro yang ada.

MacBook Pro 13 inci memiliki ketebalan hanya 14,9 mm atau sekitar 17 persen lebih tipis dari generasi sebelumnya. Secara volume, perangkat tersebut 23 persen lebih kecil dan berbobot 1,5 kg.

Sementara itu, generasi sebelumnya dari MacBook Pro 15 inci memiliki ketebalan 15,5 mm (14 persen lebih tipis) dan volumenya lebih kecil 20 persen dengan bobot 2 kg.

Touch Bar

Apple
MacBook Pro baru dilengkapi Touch Bar
Satu fitur yang menjadi perubahan terbesar dari MacBook Pro ini adalah panel Touch Bar, yang diletakkan di atas keyboard. Panel yang satu ini menggantikan deretan tombol Functions (F) yang biasanya selalu setia menemani keyboard.

Touch Bar sendiri merupakan tombol sentuh yang dilengkapi dengan berbagai fungsi. Bagian ini menghadirkan fungsi akses cepat ke tools yang sering digunakan, seperti mengakses Siri, bookmark browser, memperlihatkan daftar emoji, navigasi, hingga mengedit foto.

Tombol-tombol yang ada di Touch Bar sendiri dapat diatur sesuai keinginan pengguna. Apple mengklaim pengaturan tersebut dapat dilakukan dengan mudah.

Di bagian kanan dari Touch Bar, Apple meletakkan sebuah tombol yang dilapisi safir. Itu merupakan generasi kedua dari sensor pemindai sidik jari Touch ID.

Salah satu fungsi dari Touch ID itu adalah untuk otentikasi pembayaran menggunakan Apple Pay. Cukup taruh jari pengguna di atas Touch ID, otentikasi, dan pembayaran sudah bisa dilakukan.

Tiga pilihan spesifikasi

Ada tiga pilihan spesifikasi yang disediakan oleh Apple. Varian termurah terdiri dari layar 13 inci, prosesor Intel Core i5 2.0 GHz dual-core, RAM 8 GB, dan penyimpanan 256 GB.

Model yang satu itu tidak dilengkapi dengan Touch Bar sehingga harganya juga tidak terlalu tinggi. Ia dibanderol 1.499 dollar AS atau sekitar Rp 19,5 juta.

Varian kedua sudah dilengkapi dengan Touch Bar dan Touch ID. Dengan spesifikasi layar 13 inci, prosesor Intel Core i5 2,9 GHz dual-core, RAM 8 GB, dan media penyimpanan 256 GB, produk ini dijual 1.799 dollar AS atau sekitar Rp 23,5 juta.

Varian terakhir dilengkapi dengan layar 15 inci, Touch Bar, dan Touch ID. Spesifikasinya terdiri dari prosesor Intel Core i7 2,6 GHz quad-core, RAM 16 GB, kartu grafis Radeon Pro 450 2 GB, dan media penyimpanan 256 GB. Ia akan dijual dengan harga 2.399 dollar AS atau sekitar Rp 31,3 juta.

Waktu kehadiran ketiga varian laptop itu bervariasi. MacBook Pro generasi baru dengan harga termurah sudah mulai tersedia hari ini di AS.

Sedangkan dua model berikutnya baru akan hadir dalam dua hingga tiga minggu ke depan. Belum ada kabar kapan ketiganya hadir di Indonesia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s